Tentang Kami Redaksi

Kemenko Kemaritiman Gelar Festival Vlog Berhadiah Total Rp 40 juta

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com



Jakarta, Parlemen Rakyat

Setelah sukses menggelar Festival Film Pendek Kemaritiman pada tahun 2017, tahun ini Kemenko Bidang Kemaritiman kembali mengadakan festival serupa. Hanya dengan format yang sedikit berbeda. yakni dalam bentuk vlog (video blog).

Secara resmi Festival Vlog Kemaritiman akan diluncurkan bersamaan dengan Gelar Karya Film Pelajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pada Hari Rabu 05 Juni 2018 oleh Deputi Bidang Koordinasi SDM, lptek dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Safri Burhanuddin dan Sekretaris jenderal Kemendikbud Didik Suhardi .

“Kami ingin memberikan wadah untuk anak anak muda yang hobi membuat vlog untuk berkreasi sekaligus melibatkan mereka dalam pelestarian laut,” ujar Deputi Safri di Hotel Puri Denpasar, Kuningan, Jakarta, Rabu (05/06/2018).

Pelibatan anak muda dalam melakukan pelestarian laut menurut Deputi Safri saat ini menjadi sangat panting. "Ancaman utama keanekaragaman hayati laut dan pesisir saat ini adalah sampah plastik laut dan mikro plastik. Bahkan pakar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyatakan 83% sampah yang mengapung di laut dan pantai adalah sampah piastik,“ ujarnya beralasan.

"Di Indonesia menurut penelitian Dr. jenna Jambeck, Indonesia menyumbang sampah plastik terbanyak nomer dua di dunia," keluh Deputi Safri. Dengan fakta ini, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Kemendikbud kompak memilih tema "Save Our Seas" (Selamatkan Laut Kita) sebagai materi lomba.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi Bidang Seni, Olahraga dan Budaya Bahari Kemenko Bidang Kemaritiman Kosmas Harefa mengatakan, bahwa upaya upaya pelestarian dan penyelamatan Iaut perlu melibatkan generasi muda. “Anak anak muda sekarang sangat kreatif memanfaatkan teknologi untuk mendokumentasikan kondisi di sekeliling mereka, tinggal kita fasilitasi dan karya terbaik akan kita beri apresiasi dalam bentuk uang tunai dengan total Rp 40 juta," jelasnya.

Lebih detil, tema besar Festival Vlog Kemaritiman 2018 dan Gelar Karya Film Pelajar Kemaritiman 2018 adalah "Selamatkan Laut Indonesia". Dari tema besar itu, panitia membetikan tiga alternatif sub tema untuk peserta, yakni pelestarian laut, pemanfaatan laut dan upaya penyelamatan laut Indonesia. Untuk Festival Vlog Kemaritiman, pendaftaran mulai dibuka dari Bulan Juni 07 September 2018. Kompetisi ini ditujukan untuk kalangan umum berusia antara 15 hingga 50 tahun.

"Peserta yang mendaftar boleh perseorangan maupun kelompok atau komunitas," ujar Kosmas. Yang terpenting lanjutnya, vlog yang dikirimkan merupakan karya sendiri dengan durasi maksimal 3 menit, berkualitas HD dan belum pernah dipublikasikan di kanal manapun sebelumnya. (Ahr)