Tentang Kami Redaksi

Afrizal Zen: Organisasi Harus Siap Dengan Perubahan

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com @ Organisasi adalah sekumpulan orang orang yang memiliki tujuan yang sama. Ibarat kendaraan, organisasi membutuhkan kerangka baja yang kuat agar ketika melaju kencang. Kriteria kerangka organisasi yang kuat salah satunya adalah struktur organisasi yang dapat mensupport hubungan koordinasi antar unit untuk mencapai suatu tujuan.

Demikian disampaikan Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Agama, Afrizal Zen di Jakarta, belum lama ini. Menurutnyal struktur organisasi tidak hanya kuat, namun struktur juga harus dirancang lentur sehingga mampu mengakomodir perubahan yang ada tanpa harus menghilangkan ciri dan identitas. Lentur dalam hal ini juga tidak diartikan sebagai selalu berubah setiap saat, namun lebih diartikan mampu mengadaptasi perubahan dengan relevan.

Struktur organisasi setidaknya harus menggambarkan dan menuangkan aktivitas-aktivitas kunci dalam mendukung pencapaian strategi perusahaan yang salah satu caranya adalah dengan meningkatkan efisiensi melalui spesialisasi. Struktur organisasi juga harus mampu memadukan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan masing-masing secara efektif untuk memudahkan hubungan koordinasi.

Afrizal mengatakan, mengelola organisasi seperti Kementerian Agama membutuhkan upaya yang lebih besar dari mengelola organisasi biasa. Besarnya upaya yang harus dikerahkan saat mengelola organisasi kementerian agama dikarenakan Kemenag adalah kementerian yang diperkuat oleh jumlah satuan kerja terbesar dibandingkan kementerian lainnya.

Karena itu, perubahan yang dikehendaki oleh Kementerian Agama saat ini bukan lagi perubahan yang hanya terjadi di permukaan saja tetapi harus terasa langsung di tengah-tengah masyarakat.